Setelah melakukan praktek mahasiswa di harapkan dapat
- Membongkar dan memasang transmisi secara baik
dan benar
- Mengetahui cara kerja sistem transmisi
- Mengetahu komponen-komponen system transmisi
- Dapat menganalisis kerusakan-kerusakan pada
sistem yransmisi
II. Alat dan bahan
a. Alat
- Alat kerja standar
- Kunci momen
- Bering puller/ tracker
- Kunci shocket
- Pin punch
Alat ukur
- Dti
- Feeler gauge
- Balok “V”
b. Bahan
- Transmisi 3 poros
- Nampan
- Kain lap/majun
III. Keselamatan kerja
1. Perhatikan perintah-perintah instruktur
2. Tanyakanlah hal-hal yang di anggap sulit
3. Menggunakan alat sesuai kebutuhan (sop)
IV. Gambar kerja
V. Langkah kerja
1. Langkah pembongkaran
a. Lepas transmisi dari kendaraan
- Lepaskan semua baut pengikat transmisi
- Tarik keluar transmisi ke arah blakang
- Turunkan transmisi dari kendaraan
b. Membongkar transmisi
- Melepas retainer tuas pemindah
- Membuka rakitan penutup bak transmisi
- Melepas clucth housing
- Melepas retainer bering depan
- Melepas exsention housing
- Melepas reverse idler gear. Poros, dan penggerak
- Mengukur celsh counter gear
Celah STD 0,10-0,30mm
Clah max 0,30 mm
- Melepas poros couter gear dan pengunci
- Melepas rakitan poros output
- Melepas poros input
- Melepas counter gear dengan SST
2. Langkah pemeriksaan
a. Pemeriksaan visual komponen transmisi
1. Poros in-put
2. Poros out-put
3. Bantalan poros in-put
4. Poros conter
5. Roda gigi percepatan
6. Ring syncromesh
7. Clutch hub
8. Hub sleeve
9. Pegas pengunci
b. Pengukuran
1. Pemeriksaan ring sincronmesh
standar 1,0-2,0 mm celah
minimum 0,8 mm
2. Pengukuran garpu pemindah dan hub slif
3. Pemeriksaan celah oli roda gigi terhadap poros
Standar 0,06-0,11mm clah
maksimum 0,11.
3. Langkah perakitan
- Merakit counter gear, needle roler bearing,
thrust washer dan sst
- Memasang poros input
- Mmemasang bearing retainer depan dengan gasket
baru
- Memasang ring synchromes dan rakitan poros
output
- Memasang poros counter gear
- Memasang reverse idle gear dan poros
- Memasang extention housing dengan gasket baru
- Memasang clutch housing
- Memasang rakitan penutup rumah transmisi
- Memasang tuas pemindah
- Memeriksa dan menyetel posisi reverse shift arm
VI. Kesimpulan
Dari hasil pemeriksaan yang saya
lakukan pada transmisi manual seri 3K maka dapat disimpulkan :
Transmisi tersebut tidak dapat
digunakan dikendaraan yang sesungguh nya karena masih banyak kekuranggan pada
transmisi yang saya bongkar, seperti tidak ada nya oli pelumas didalam
transmisi tersebut maka dapat menyebabkan gigi-gigi,poros input/output,dll
tidak dapat berputar atau menggerakan bagian-bagian dengan sempurna.
Selain itu juga baut-baut/mur
pada transmisi banyak tidak ada(hilang),maka pada saat menyatukan antara satu
komponen dangan komponen yang lain komponen tersebut tidak terpasang dengan
benar akibat nya transmisi tidak dapat digunakan.
BLOG INI TIDAK BISA DI COPAS JIKA INGIN
MENDAPATKAN FILE DIATAS ANDA HARUS
MENDOWNLOADNYA DI LINK DI BAWAH INI
Ini cuma transmisi manual gan, digambar kerja ada otomatis nyaa
BalasHapusIya
BalasHapus